blog

18 May 2020

3 Alasan Mobil Tidak Boleh Didiamkan Terlalu Lama

3 Alasan Mobil Tidak Boleh Didiamkan Terlalu Lama

Selama pandemi yang masih berlangsung dan peraturan pemerintah untuk tetap berada di rumah membuat kendaraan tidak digunakan secara maksimal seperti sebelumnya. Kalau biasanya mobil Anda menjadi transportasi sehari-hari untuk ke kantor, dan bepergian di akhir pekan, sekarang mobil Anda hanya berdiam di garasi saja.

Tak ada salahnya sekali dua kali keluar rumah berkeliling komplek atau perumahan, karena mobil yang didiamkan terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan. Yuk ketahui kerusakan yang bisa terjadi jika mobil terlalu lama didiamkan.

Kondisi aki melemah

Tidak adanya siklus pengisian ulang otomatis yang biasa dilakukan saat mesin dinyalakan atau saat berjalan bisa menyebabkan aki melemah. Oleh karena itu, jika jarang dibawa jalan, paling tidak usahakan untuk tetap memanasi mobil.

Ban mengempis

Saat mobil Anda didiamkan terlalu lama, otomatis tekanan pada ban mobil tidak akan merata dan hanya bertumpu pada bagian bawah. Saat ini terjadi, tentunya tumpuan pada permukaan ban bisa mengempis. Meskipun memanasi mobil menjadi hal yang rutin tetap dilakukan, tapi akan lebih maksimal bila Anda memanasi mobil sambil menjalankannya untuk tetap menjaga kondisi ban mobil.

Oli mengendap

Saat mobil Anda terlalu lama diam, oli mobil Anda cenderung mengendap ke bawah yang bisa menyebabkan keringnya komponen mesin. Selain itu, oli yang mengendap juga bisa menyebabkan kerusakan mesin, dan juga bisa menimbulkan karat.

Oleh karena itu, meskipun sekarang jarang digunakan, namun Anda harus tetap rajin mengganti oli sesuai kebutuhannya. Meskipun jangka waktu pemakaian masih panjang tapi jika mobil Anda sudah butuh ganti oli, lakukanlah secepatnya.

Nah itu dia beberapa penyakit yang bisa terjadi jika mobil didiamkan terlalu lama. Meskipun seluruh kegiatan Anda masih berlangsung dari rumah semua, namun usahakan untuk menjalankan mobil Anda sekali dua kali dalam seminggu.

Jika Anda membutuhkan jasa rental mobil atau sewa mobil, kunjungi laman Rent Jennete. Selain sewa mobil, Rent Jennete juga menawarkan rental motor yang bisa digunakan sebagai alternatif transportasi Anda. Meskipun sewa mobil atau rental mobil lebih aman dan mudah di Rent Jennete, namun ada baiknya untuk tetap berada di rumah untuk meminimalisir interaksi, seperti yang juga sudah dihimbau oleh pemerintah. 

Sumber foto: pexels.com


Latest Blog