blog

28 May 2020

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mencuci Mobil

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mencuci Mobil

Seberapa sering Anda mencuci mobil? Mungkin di tengah pandemi yang masih mewabah sekarang ini, mobil Anda tidak terlalu kotor karena jarang dipakai dan membuat Anda jarang mencucinya. Namun, sejatinya Anda tetap harus menjaga kebersihan kendaraan di luar dan dalam.

Untuk itu, yuk simak hal berikut yang harus diperhatikan saat menjaga mencuci mobil!

Gunakan sabun khusus

Untuk emergency atau touch up, mungkin boleh saja membersihkan kaca mobil Anda dengan menggunakan cairan pembersih kaca yang digunakan di rumah. Namun, untuk body mobil, Anda hindari menggunakan sabun sembarang, seperti sabun cuci piring, deterjen, atau bahkan sabun mandi karena bisa merusak cat mobil. Gunakanlah sabun khusus pencuci mobil untuk menjaga cat mobil Anda.

Pisahkan ember untuk membersihkan badan dan ban

Kotoran yang terdapat pada ban mobil Anda tentunya berbeda dan lebih banyak dibandingkan kotoran pada badan mobil Anda. Selain itu, teknik mencuci mobil yang disarankan mulai dari bagian ban yang cenderung lebih kotor dan membutuhkan perhatian lebih. Setelah itu, baru mulai dari kap mobil, kaca, dan beralih ke bawah. Memisahkan sponge pencuci ban dan badan mobil dapat membuat Anda menjaga kebersihan kendaraan lebih maksimal dan tidak memindahkan kuman dan kotoran.

Cuci mobil saat udara sejuk

Mencuci mobil saat cuaca sedang panas membuat air dan cairan di badan mobil Anda cepat mengering dan meninggalkan noda. Noda yang tertinggal ini merupakan noda yang susah dihilangkan dan bisa meninggalkan bekas. Oleh karena itu, selain menunggu mesin mobil dingin, cucilah mobil saat cuaca sejuk.

Gunakan kanebo halus untuk mengeringkan

Selain memperhatikan sabun yang digunakan, perhatikan juga kain yang Anda gunakan untuk mengeringkan mobil. Memang lebih disarankan untuk membiarkan mobil kering dengan sendirinya, namun jika Anda ingin mengeringkan dengan kain, pastikan Anda menggunakan kanebo halus supaya tidak lecet.

Gunakan semprotan tanpa nozzle

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan saat mencuci mobil, salah satunya menggunakan ember dan gayung, namun bisa juga menggunakan selang. Saat Anda mencuci mobil dengan menggunakan selang, usahakan untuk tidak menggunakan nozzle dan menyemprotnya dengan perlahan untuk menghindari kelecetan atau scratch.

Yuk tetap memperhatikan kebersihan kendaraan walaupun di rumah aja!

Jika Anda membutuhkan jasa rental mobil atau sewa mobil, kunjungi laman Rent Jennete. Selain sewa mobil, Rent Jennete juga menawarkan rental motor yang bisa digunakan sebagai alternatif transportasi Anda. Meskipun sewa mobil atau rental mobil lebih aman dan mudah di Rent Jennete, namun ada baiknya untuk tetap berada di rumah untuk meminimalisir interaksi, seperti yang juga sudah dihimbau oleh pemerintah. 

Sumber foto: pexels.com


Latest Blog