blog

29 May 2019

6 Persiapan Aman dan Nyaman Berkendara Naik Mobil Selama Mudik

6 Persiapan Aman dan Nyaman Berkendara Naik Mobil Selama Mudik

Hari Raya sudah hanya dalam hitungan jari. Para pegawai kantoran sudah mulai mempersiapkan cutinya dan tak sabar untuk mudik dan berkumpul dengan keluarga besar. Biasanya, orang-orang yang mudik menggunakan jalur darat, entah itu menggunakan mobil pribadi atau menggunakan jasa rental mobil sudah berangkat beberapa hari sebelum hari H, untuk menghindari terjebak macet dan bisa ikut salat Hari Raya bersama keluarga. 

Untuk Anda yang sedang bersiap-siap untuk mudik dengan menggunakan mobil pribadi ataupun rental mobil, ada baiknya untuk memperhatikan persiapan berikut ini demi kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda.

Pilih tempat rental mobil yang sudah terpercaya

Man Wearing Blue Jacket Sitting Inside Car While Driving

Jika Anda memutuskan untuk mudik dengan menggunakan jasa rental mobil, pastikan Anda menggunakan jasa rental mobil yang terpercaya. Rental Mobil Jennete selalu mengecek dan memastikan kondisi kendaraan sebelum menyerahkannya kepada penyewa, hal ini merupakan hal yang penting untuk Anda yang akan melakukan perjalanan jauh.

Bawa uang tunai

Brown Leather Bifold Wallet at the Pocket

Selama perjalanan, pasti Anda perlu berhenti untuk sekedar mengisi bensin, pergi ke toilet, atau untuk makan. Memang biasanya berbagai tempat tersebut menyediakan mesin pembayaran dengan menggunakan kartu, namun ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan membawa uang tunai, siapa tau di tengah perjalanan, Anda kelaparan dan harus berhenti dan membeli makan di rumah makan kecil yang tidak memiliki mesin pembayaran kartu, atau saat harus pergi ke toilet umum dan membayar uang retribusinya.

Pastikan saldo pembayaran tol elektrik cukup

Sekarang ini sebagian besar tol sudah memperlakukan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu, mulai dari Flazz, E-Money sampai dengan E-Toll. Demi kelancaran perjalanan Anda, pastikan bahwa saldo tersebut sudah cukup selama perjalanan mudik dan kembali ke ibukota lagi.

Siapkan makanan dan minuman selama perjalanan

Selective Focus Photography Of Chips

Soal macet pasti sudah menjadi hal yang harus diantisipasi selama melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi ataupun rental mobil. Oleh karena itu, jangan lupa membawa persediaan makanan dan minuman untuk menjadi bekal selama perjalanan, terutama saat Anda berangkat mudik saat masih suasana berpuasa dan harus menyantap sahur serta berbuka puasa di jalan.

Batasi barang bawaan

Silver Ford Focus 5-door Hatchback Speeding on Road

Memang, keunggulan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa rental mobil adalah bisa leluasa membawa barang bawaan, namun jangan lupakan juga kenyamanan berkendara Anda, jangan sampai kendaraan Anda menjadi sesak dan sempit karena terlalu banyak barang. Selama perjalanan panjang, pasti Anda membutuhkan tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Utamakan keselamatan    

Reflection of Woman Driving Car

Suasana Hari Raya dan berkumpul dengan keluarga pasti sudah memenuhi pikiran selama perjalanan mudik. Namun, jangan lupakan juga keselamatan Anda, jangan sampai karena ingin buru-buru pulang, Anda mengesampingkan peraturan lalu lintas dan melaju dengan kecepatan tinggi yang malah bisa merugikan diri sendiri dan keluarga.

Nah, itu dia beberapa tips dan persiapan yang perlu diperhatikan demi mendapatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan mudik Anda. Selamat jalan!

Sumber foto: pexels.com

 


Latest Blog