blog

18 Mar 2022

Daihatsu Luxio vs Suzuki APV, Pilih Mana?

Daihatsu Luxio vs Suzuki APV, Pilih Mana?

Sedang mencari mobil minivan dengan kapasitas yang lebih lega untuk penumpang, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah Daihatsu Luxio dan  Suzuki APV.

Dua mobil dengan harga yang setara dengan harganya ini, memiliki keunikannya masing-masing.

Namun untuk kenyamanan, tidak diragukan lagi bahwa kedua jenis mobil ini masuk jajaran mobil keluarga paling laris.

Walaupun dari segi penampilan kedua mobil ini memiliki style yang berbeda, namun masih banyak yang menggemari 2 jenis mobil ini.

Untuk lebih tahu spesifikasi, kelebihan, kekurangan dari mobil Daihatsu Luxio dan Suzuki APV , baca terus artikel ini sampai tuntas!

Perbandingan Daihatsu Luxio vs Suzuki APV Berdasarkan Harga

Dari segi perbandingan harga, kisaran harga kedua mobil ini tidak terlampau jauh. 

Untuk harga dari Daihatsu Luxio sendiri dipatok pada kisaran Rp 220 hingga Rp 260 jutaan.

Sedangkan untuk Suzuki APV dibandrol dengan kisaran harga Rp 168 hingga 237 jutaan.

Untuk harga sewa Daihatsu Luxio biasanya mulai dari Rp 450 ribu per hari, sedangkan untuk harga sewa Suzuki APV mulai dari Rp 300 ribu per hari. 

Dengan harga diatas, mobil-mobil ini mendapatkan rating yang cukup baik. 

Perbandingan Berdasarkan Eksterior

Kedua mobil keluarga ini termasuk dalam jenis mobil minivan dengan exterior yang elegan sejak keluaran pertamanya.

Untuk panjang masing-masing dari mobil-mobil ini adalah 4,2 meter untuk Daihatsu dan 4,3 meter untuk Suzuki APV.

Daihatsu Luxio memiliki lebar di angka 1,7 meter dengan tinggi 1,9 meter, sedangkan Suzuki APV memiliki lebar 1,6 meter dan tinggi 1,8 meter.

Untuk pilihan warna dari Daihatsu Luxio memberikan 5 pilihan warna diantaranya adalah classical silver metallic, dark gray metallic, icy white, midnight black metallic, dan sonic blue metallic.

Sedangkan untuk Suzuki APV juga ada 5 warna yaitu graphite gray metallic, silky silver metallic, burgundy pearl, radiant red metallic dan cool black metallic.

Untuk mobil Daihatsu keluaran terbaru ada beberapa tampilan baru seperti tambahan aksen grille, desain bumper baru, body moulding yang semuanya berlapis krom.

Sedangkan Suzuki meluncurkan jenis APV terbaru dengan grille krom yang lebih besar, dengan spion dan bumper model baru yang juga dilapisi krom.

Perbandingan Berdasarkan Interior

Jika membicarakan kemewahan interior, kedua mobil ini terus bersaing menunjukkan kualitas terbaiknya.

Untuk Daihatsu Luxio sendiri memiliki dashboard tipe X yang menampilkan kombinasi dua warna yaitu dark grey dan light grey yang membuat tampilan dalam mobil ini lebih elegan.

Tidak berhenti cukup sampai disana, penambahan head unit dengan fitur touch screen membuat interior Daihatsu Luxio terlihat sangat mewah.

Memiliki karakteristik jok yang nyaman karena dilapisi material fabric bermotif kayu, jok mobil ini memiliki sandaran lurus serta dilengkapi pengaturan one touch pada jok.

Sayangnya pada bagian pengemudi ada tonjolan rumah roda yang sedikit mengganggu kegiatan mengemudi karena terlalu dekat dengan pedal gas.

Sedangkan untuk tampilan interior dari Suzuki APV Luxury masih menggunakan dashboard basic dengan perpaduan warna yang terlihat mahal.

Walaupun tidak memiliki fitur touch screen pada head unitnya namun arah AC lebih merata jika dibandingkan Luxio yang tidak dapat diarahkan ke bagian kaki pengemudi.

Memiliki kabin berupa captain seat di baris kedua dengan desain yang menopang badan dengan sempurna membuat kenyamanan lebih bertambah.

Seluruh jok dari kedua mobil ini berlapis material kulit (eco leather) walaupun cenderung lebih tipis namun masih termaafkan untuk perjalanan keluarga.

Mobil ini memberikan Anda sebuah kamera mundur yang juga terintegrasi dengan spion kabin.

Selain itu ada lapisan peredam suara mesin yang dinilai lebih baik dari Daihatsu Luxio.

Dimensi kabin Suzuki APV terbilang lebih kecil jika dibanding dengan Daihatsu Luxio.

Performa Mesin Daihatsu Luxio vs Suzuki APV

Perbandingan antara Daihatsu Luxio Vs Suzuki APV berikutnya dilihat dari segi performa kedua mobil dengan bahan bakar bensin ini.

Untuk performa pertama adalah performa dari Daihatsu Luxio dimana mobil ini memiliki mesin dengan 4 silinder dengan kapasitas 1.495 cc.

Pasalnya tenaga yang dihasilkan dari mesin 3SZ-VE ini bisa mencapai 96 hp pada kecepatan 6000 rpm. 

Torsi maksimal dari setiap piston yang dihasilkan dari kinerja mesin bahkan bisa mencapai angka 134 Nm pada kecepatan 440 rpm.

Mobil ini menawarkan transisi manual dengan 5 tingkat percepatan maupun 4 tingkat percepatan untuk versi matic.

Sehingga performa tersebut akan lebih optimal jika digunakan untuk mengangkut beban berat maupun menaiki track pegunungan.

Radius putar yang dimiliki mobil ini adalah sekitar 5,2 m dengan jenis suspensi per keong untuk kenyamanan pada saat perjalanan di jalan yang tidak rata.

Sedangkan untuk Suzuki APV sendiri juga digerakkan oleh mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.493 cc.

Walaupun sedikit di bawah Daihatsu Luxio, namun kekuatan mesin mencapai 91 hp pada torsi maksimal 126 Nm pada kecepatan 3.000 rpm.

Untuk mobil keluaran terbaru seri ini hanya mengeluarkan mesin transmisi manual dengan 5 tingkat percepatan.

Rasio gear model terbaru dibuat lebih halus dengan tujuan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Radius putar dari Suzuki APV adalah sebesar 5.4 m dengan jenis suspensi yang sama dengan yang digunakan Daihatsu Luxio.

Kedua mobil ini memiliki jenis mesin dengan perawatan yang cukup mudah dengan suku cadang yang mudah dicari.

Fitur Keselamatan Daihatsu Luxio vs Suzuki APV

Selain nyaman, mobil keluarga haruslah memiliki fitur keselamatan yang berfungsi di masa-masa genting.

Tak terkecuali untuk kedua mobil yang akan kita bahas yaitu perbandingan antara Daihatsu Luxio Vs Suzuki APV pada fitur keselamatan.

Untuk Daihatsu sendiri mempersenjatai mobilnya dengan sabuk pengaman depan belakang, anti lock braking system, kantong udara pengemudi, pelindung benturan samping.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi beberapa sensor dan pengingat seperti pengingat sabuk pengaman, pintu terbuka, dan juga crash sensor.

Tidak mau kalah, Suzuki APV juga melengkapi armadanya dengan fitur perlindungan seperti kantong udara pengemudi dan pelindung benturan samping.

Kedua mobil ini juga dilengkapi dengan engine immobilizer dan juga anti theft device untuk sistem keamanannya.

Kesimpulan

Jika kita membandingkan antara Daihatsu Luxio vs Suzuki APV maka akan terlihat beberapa perbedaan yang terlihat mulai dari harga, eksterior, interior, maupun fitur keamanan.

Setelah membaca keunggulan dan kelemahan dari kedua mobil tersebut, Anda bisa melihat mobil mana yang kiranya cocok untuk kebutuhan Anda.

Jika ingin merasakan kesan interior yang lebih modern mungkin Anda bisa memilih Daihatsu Luxio.

Hal ini juga dipengaruhi tahun keluaran kedua mobil yang cukup terlampau jauh.

Walaupun secara keseluruhan Suzuki APV memiliki posisi yang tidak menguntungkan, namun nyatanya mobil ini masih laku dan banyak dicari di lapangan.
 


Latest Blog


Silahkan hubungi kami